c

Wednesday 11 May 2011

"BURISRAWA STRES" TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA

pada tanggal 2 april 2011 saya beserta temen-temen mendapat tugas untuk menyaksikan pertunjukan wayang wong dengan lakon Burisrawa stres di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY).Acara tersebut untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh tanggal 21 April mendatang..
Tugas ini sekaligus untuk memenuhi mata kuliah q.
sebenernya q mendapat tugas lakon Kertomarmo tapi kurang tahu saya ada tidaknya lakon Kertomarmo dalam pertunjukkan tersebut . Berdasarkan dari beberapa sumber (alias saya memulung .hehehhehhe) judul "Burisrawa Stres" yang didalamnya terdapat pemain perempuan semua gabungan penari, pelawak, seniman ketoprak, dosen, istri pejabat dan beberapa pengusaha Yogya tersebut.

Pendukung pentas ini di antaranya Yati Pesek, Susilowati, Daruni, Sekarini, Jilah, Fransiska, Supatmi, Watik Wibowo, Kinting Handoko, Hamzah HS, Sari Nainggolan, Rara Ireng, Dani, Wigung Wratsongko dan seniwati Yogya lainnya.

dibawah ini q sampaikan sedikit sinopsis tentang Burisrawa stres MENURUT SEPENGERTIAN SAYA. karena setelah q interview temen-temen mereka mempunyai penangkapan yang berbeda-beda .hehehhehe ^_^

cerita dari "Burisrawa Stress" sebenarnya merupakan modifikasi dari cerita sembodro Larung namun agar lebih menarik diganti menjadi "Burisrawa Stress"
Berikut sinopsis ceritanya ...

Pada awal cerita ditampilkan Burisrawa bersama Semboro .Burisrawa mengungkapkan keinginan'na untuk memiliki Semboro .tapi karena Sembodro sudah mempunyai suami yaitu Janaka maka Sembodro menolak. Hingga Burisrawa marah dan menakut-nakuti Sembodro dengan keris .Demi menjaga kesuciannya sebagai istri maka sembodro memilih menubrukkan dirinya kearah keris tersebut hingga meninggal.
Mengetahui Dewi Sembadra telah mati, Burisrawa menjadi ketakutan, ia segera bersembunyi di hutan dengan ketakutan dan perasaan bersalahnya.

Prabu Kresna (Yati Pesek) meminta agar dapat mengetahui siapa pembunuhnya, maka Sembadra harus dilarung. Gatutkaca ditugaskan Prabu Kresna untuk mengawasi keberadaan larungan Sembadra.

Sementara itu Antasena bermaksud akan menghidupkan kembali orang tersebut. Ia segera mendekati jasad, Gatutkaca melihat ada seseorang yang menghampiri jasad Sembadra, maka Gatutkaca segera menyerangnya dan terjadilah perkelahian.

Hingga terbuka kalau keduanya masih bersaudara.Keduanya putera Werkudara. Dan Sembodro dihidupkan oleh Antaseno , lalu Sembodro menceriterakan apa sebenarnya yang telah terjadi, hingga ia tewas. Antaseno ingin membalas kejahatan Buriswara. hingga Antasena berubah menjadi Sembadra.

Maka terjadilah perkelahian antara Buriswara dan Antaseno. Buriswara melarikan diri ketakutan. 

makna yang bisa dipetik dari pergelaran wayang wong ini adalah pengorbanan dan kesetiaan Sembodro sebagai seorang istri untuk menjaga kesuciannya .

No comments:

Post a Comment