c

Thursday 4 November 2010

POTENSI BUDAYA DI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

1. Kecamatan Kretek terdiri dari lima desa yaitu Desa Tirtomulyo, Desa Parangtritis, Desa Donotirto, Desa Tirtosari dan Desa Tirtohargo.
Benda Cagar Budaya yang ada di Kecamatan Kretek adalah Makam Syeh Maulana Magribi, Makam Panembahan Selohening, Makam Syeh Bela Belu, Makam Dipokusumo, Makam Aris Boyo, Makam Jimat Bengkowo, Makam Kili Suci, Masjid At-Taqorub, Mushola Mancingan, Petilasan Parangkusumo, Petilasan Ngrawa Aji, Gua Panepen, Gua Langse.

2. Potensi kesenian yang ada di Kecamatan Kretek adalah sebagai berikut :
-  Karawitan
Terdapat di Desa Tirtomulyo, Desa Parangtritis, Desa Donotirto, Desa Tirtosari, dan Desa Tirtohargo.   Organisasi yang tertua adalah Among Budoyo terdapat di Tegal Desa Donotirto, berdiri pada tahun 1975.
-  Ketoprak
Terdapat di Desa Tirtomulyo, Desa Parangtritis, Desa Donotirto, Desa Tirtosari, dan Desa Tirtohargo.   Organisasi yang tertua adalah Timbul Budaya terdapat di Tegal Desa Donotirto, berdiri pada tahun 1975.
-  Wayang Orang
Terdapat di Grogol XI Desa Parangtritis organisasinya Wuri Budoyo dan di Muneng Desa Tirtohargo organisasinya Tri Roso Budoyo.
-  Jatilan
Terdapat di Muneng Desa Tirtohargo organisasinya Sentuh Budoyo dan di Tapuran Desa Tirtosari organisasinya Kuda Lumping.
-  Macapat
Terdapat di Desa Donotirto organisasinya Sukro Kasih dan Mekar Budaya.
-  Keroncong
Terdapat di Desa Donotirto organisasinya Melati Laras dan Remaja Budaya.
-  Slawatan
Terdapat di Desa Tirtomulyo, Desa Parangtritis, Desa Donotirto, dan Desa Tirtosari. Organisasi yang tertua adalah Maulana Magribi terdapat di Grogol IX Desa Parangtritis, berdiri pada tahun 1965.

3. Potensi upacara adat yang ada di Kecamatan Kretek adalah Labuhan Pisungsung Jaladri, Labuhan Alit, Labuhan Ageng, Labuhan Hondodento, Melasti, Ngliwet Pitik, dan Upacara Bersih Desa Parangtritis.

No comments:

Post a Comment