c

Thursday 4 November 2010

POTENSI BUDAYA DI KECAMATAN SEMANU KABUPATEN GUNUNGKIDUL

1. Kecamatan Semanu terdiri dari lima desa yang mempunyai potensi budaya baik fisik maupun non fisik.
Benda Cagar Budaya yang ada di Kecamatan Semanu adalah Situs Semanu, lokasinya di Semanu Kidul Desa Semanu, periodisasinya Masa Prasejarah, ditemukan Menhir dua buah.

2. Potensi kesenian yang ada di Kecamatan Semanu adalah sebagai berikut :
-  Karawitan
    Terdapat di lima desa yang ada di Kecamatan Semanu yaitu Desa Pacarejo, Desa Candirejo, Desa Dadapayu, Desa Ngeposari, dan Desa Semanu.   Organisasi yang tertua Krida Wirama berdiri pada tahun 1972.
-  Slawatan
    Terdapat di Desa Pacarejo, Desa Candirejo, dan Desa Ngeposari.   Organisasi yang tertua Al Amin berdiri pada tahun 1970.
-  Jatilan
    Terdapat di Nangsri Kidul, Desa Candirejo.
-  Reog
    Terdapat di Desa Pacarejo, Desa Candirejo, Desa Dadapayu, dan Desa Ngeposari.   Organisasi yang tertua Ngesti Luhur berdiri pada tahun 1986.
-  Wayang Orang
    Terdapat di Munggi Pasar, Desa Semanu.   Organisasinya Puspita Muda Budaya berdiri pada tahun 1993.
-  Ketoprak
    Terdapat di Desa Pacarejo, Desa Candirejo, dan Desa Semanu.   Organisasi yang tertua Eko Budoyo berdiri pada tahun 1970.

3. Upacara Adat yang ada di Kecamatan Semanu adalah sebagai berikut :
-  Upacara Bersih Tlogo
    Terdapat di Desa Pacarejo, waktu pelaksanaannya setelah panen, tiap tahun, hari Jumat Legi, pelakunya masyarakat Desa Pacarejo.   Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mohon perlindungan agar tanaman bebas dari gangguan hama melalui Kyai Jonge sebagai orang yang cikal bakal dapat memberi perlindungan keselamatan dan ketentraman, dengan upacara menyembelih kambing di pinggir Telaga Jonge..
-  Upacara Grebeg Ngenep
    Terdapat di Desa Dadapayu, waktu pelaksanaannya sesudah bulan Mulud tiap tahun, hari Jumat Wage, pelakunya masyarakat Desa Dadapayu.   Sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan sekaligus memohon agar pertaniannya diberikan hasil yang baik.   Upacara dipusatkan di Masjid Al Mutaqim.

No comments:

Post a Comment