c

Saturday 27 February 2010

MUSEUM LUKIS AFANDI

Museum yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto 167 ini memiliki 3 gedung ruang pameran. Pada tahun 1962 Affandi membangun gedung ruang pameran pertama untuk memamerkan karya-karyanya. Pada tahun 1974 diresmikan oleh Dirjen Kebudayaan Prof. Ida Bagus Mantra. Ruang pameran kedua dibangun atas bantuan pemerintah tahun 1987 dan diresmikan tanggal 9 juni 1988 oleh Mendikbud Prof Fuad Hasan. Sementara pameran yang ke tiga dibangun oleh Yayasan Affandi tahun 1997 dan diresmikan tanggal 18 Mei 2000 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Konsep dan Desain bangunan yang menyerupai lembaran daun pisang dibuat sendiri oleh Affandi yang terinspirasi dari pengalaman masa kecilnya.

Affandi yang mendapat julukan “Pelukis Maestro” tingkat dunia mempunyai koleksi sebagian besar berupa lukisan kertas, cat air, pastel, dan cat minyak sejumlah sekitar 300 (tiga ratus) buah. Affandi juga mengkoleksi lukisan karya teman-teman seprofesinya seperti: lukisan Sudjoyono, Hendra Gunawan, Barli, Muchtar Apin, Popo Iskandar, dan lain-lain. Koleksi lain museum Affandi adalah mobil sedan Mitsubisi Gallant tahun 1975, sepeda Reliegh tahun 1975, lukisan keluarga milik Maryati, Kartika, Rukmini, Juki Affandi, dan sebagainya.

Museum Affandi memiliki beberapa fasilitas antara lain : galeri, sanggar, kolam renang, kafe, perpustakaan, toko souvenir, tempat parkir, dan toilet. Telepon yang dapat diakses (0274) 562593.

No comments:

Post a Comment