c

Saturday 27 February 2010

MUSEUM RUMAH BUDAYA JAWA TEMBI

Museum diresmikan pada bulan Nopember 1999 bersamaan dengan peluncuran buku Ensiklopedi Kebudayaan Jawa. Museum ini berada di bawah Yayasan Rumah Budaya Tembi yang cikal bakalnya diresmikan pada tahun 1995 dengan nama Lembaga Studi Jawa. Inisiatif munculnya museum ini berasal dari ketua yayasan yang merasa prihatin terhadap generasi muda yang sudah mulai lupa dan tidak peduli terhadap kebudayaan Jawa.

Museum ini memiliki koleksi sebanyak 1.200 buah yang terdiri dari siklus hidup dan peralatan tradisional masyarakat Jawa seperti : pertanian, perikanan, dolanan anak, rumah tangga, senjata, foto, peralatan sirkus hidup, gamelan, wayang, vcd pertunjukan tradisional, buku, majalah, dan naskah.

Museum yang terletak di tengah sawah di Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul ini dilengkjapi dengan pendopo, seperangkat gamelan slendro pelog, tempat parkir, galeri, mushola, dan perpustakaan. Museum ini juga menerbitkan majalah “Tembi” dua bulan sekali dan setiap minggu diakses di internet dengan web: www.tembi.org. Telepon yang dapat diakses (0274) 368001 368000.

No comments:

Post a Comment