c

Saturday 27 February 2010

MUSEUM MONUMEN P. DIPONEGORO SASANA WIRATAMA

Museum yang mempunyai nama lengkap Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama dan bergabung di BARAHMUS sejak tahun 1971, ini terletak di JL. HOS. Cokroaminoto TR. III/430 Tegalrejo. Ide pembangunan museum diprakarsai oleh Mayjen TNI Surono. Pada tanggal 9 Agustus 1969 museum diresmikan oleh presiden Soeharto, sekaligus sebagai monumen untuk memperinati kepahlawanan Pangeran Diponegoro atas jasanya melawan penjajahan Belanda di tanah Jawa. Lahan tempat museum ini dibangun asli peninggalan Pangeran Diponegoro di abad XIX.

Museum ini memiliki koleksi sejumlah 195 buah termasuk beberapa peninggalan artefak yang berada diluar gedung seperti tempat wudlu, comboran (tempat minum kuda), dinding berlubang (tembok jebol), dan yoni. Sebagian besar koleksi berupa peralatan perang di masa pra kemerdekaan, seperti : keris, tombak, pedang, cincin, subang, timang bedhil, tameng, bandhil, perlengkapan kuda, dan panah.

Koleksi unggulan dari museum ini adalah tembok jebol yang diyakini sebagai jalan meloloskan diri Pangeran Diponegoro dari kepungan Belanda.

Beberapa fasilitas yang dapat dipakai oleh pengunjung dan masyarakat umum, seperti : penginapan, pendopo, tempat parkir, gamelan laras Slendro & Pelog, serta toilet. Telpon yang bisa diakses adalah (0274) 622668.

No comments:

Post a Comment