c

Saturday 27 February 2010

MUSEUM NEGERI SONOBUDOYO

Museum Negeri Sonobudoyo terletak di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta berseberangan dengan Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Cikal-bakal berdirinya museum ini adalah Java Institut, yaitu sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok yang didirikan di Surakarta pada tahun 1919 dengan tugas pokok kegiatannya membantu kegiatan pelestarian dan pengembangan kebudayaan pribumi (de insheemsche cultuur ) yang mencakup wilayah Jawa, Madura, Bali dan Lombok.

Tanah untuk bangunan museum merupakan hadiah dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan dimulai dengan pembangunan pendapa kecil dengan candra sengkala “Buta Ngrasa Esthining Lata” yang bermakna tahun 1865 Jawa atau tahun 1934 Masahi. Peresmian museum ini dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tanggal 6 Nopember 1935 dengan candra sengkala “ Kayu Winayang ing Brahmana Budha ” yaitu angka tahun 1866 Jawa atau tahun 1935 Masehi.

Bangunan gedung museum direncanakan oleh Ir. Th. Karsten serta pengawas dan penasehat Ir.L.J. Moens di atas tanah seluas 7.867 m2.

Koleksi museum berjumlah kurang lebih 43.263 buah, dan diklasifikasikan dam 10 jenis koleksi, yaitu : Koleksi Geologika, Koleksi Biologika, Koleksi Etnografika, Koleksi Arkeologika, Koleksi Historika, Koleksi Numesmatika / Heraldika, Koleksi Filologika, Koleksi Keramikologika, Koleksi Seni Rupa, dan Koleksi Teknologika.
Fasilitas yang mendukung antara lain : perpustakaan, gedung pertemuan, mushola, pagelaran wayang kulit durasi singkat setiap malam, tempat parkir kendaran, dan toilet. Telpon yang dapat diakses adalah (0274) 3885664 dan Fax : (0274) 385664.

No comments:

Post a Comment